Pages

Subscribe:

5 Manfaat Semangka Untuk Kesehatan



Buah yang segar dengan warna merah ceria ini banyak disuka karena harganya tidak terlalu mahal. Walaupun murah, semangka punya manfaat hebat untuk kesehatan. Rasa manis semangka bisa memaniskan hidup Anda.

Baik Untuk Jantung dan Tulang

Selain tomat, semangka telah menjadi salah satu buah yang sangat kaya likopen. Likopen adalah karotenoid, salah satu jenis antioksidan yang dapat mencegah kerusakan tubuh dan sel akibat radikal bebas. Selain itu, likopen juga dapat melindungi tubuh dari kolesterol jahat. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa likopen baik untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus kesehatan tulang, seperti dilansir whfoods. Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan likopen yang sangat tinggi.

Kaya Likopen Sebagai Antioksidan

Di samping dari jeruk dan jambu biji, semangka adalah sumber yang luar biasa untuk likopen. Seperti sudah dijelaskan di atas, semangka kaya akan likopen. Selain untuk kesehatan jantung dan tulang, likopen berfungsi sebagai antioksidan. Sebagai antioksidan, kemampuan likopen sangat menakjubkan untuk menetralisir molekul radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh. Selain untuk kesehatan, antioksidan menunjang kecantikan wanita, misalnya saja membuat kulit terlihat sehat dan awet muda.

Menghindari Dehidrasi dan Kaya Serat

Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan air yang sangat tinggi. Maka tak heran jika buah ini sangat disukai warga daerah tropis dan menjadi buah favorit saat musim panas di negara 4 musim. Kandungan air yang sangat tinggi akan membuat seseorang terhindar dari dehidrasi, dan rasanya tentu lebih enak daripada air mineral biasa. Selain itu, serat yang terkandung dalam semangka akan membantu seseorang terhindar dari sembelit.

Obat Kuat Alami

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa semangka adalah obat kuat alami untuk pria. Mengonsumsi semangka dapat memberikan efek yang sama dengan viagra, bisa mengobati impoten dan mencegah impoten, demikian penuturan Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station, seperti dilansir sciencedaily. Kelebihan dari semangka adalah tidak menimbulkan efek samping seperti yang sering terjadi jika seseorang mengonsumsi obat kuat.

Kaya Vitamin dan Nutrisi Penting

Semangka adalah buah yang memiliki beberapa vitamin dan mineral. Dalam 152 gram semangka akan mencukupi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 20,4 persen, kebutuhan vitamin A 17,2 persen, potasium 7,8 persen dan magnesium 3,8 persen. Kabar baiknya, semangka adalah buah yang sangat rendah akan kalori, sehingga menikmatinya tidak akan membuat Anda khawatir akan menambah berat badan.
Ayo makan semangka, walaupun buah ini tergolong murah, manfaatnya tidak murahan.

Sumber : http://www.vemale.com/kesehatan/14395-5-manfaat-semangka-untuk-kesehatan.html