Pages

Subscribe:

Pencegahan, Pengobatan Penyakit Demam Berdarah Dangue


Pencegahan, Pengobatan Penyakit Demam Berdarah Dangue

Demam Berdarah Dangue (DBD) adalah suatu penyakit demam yang akut disebabkan oleh virus dengue, yang dipicu gigitan nyamuk dari genus Aedes, misalnya Aedes aegypti atau Aedes albopictus dan meyebar masuk ke peredaran darah manusia. Terdapat empat jenis virus dengue yang berbeda, namun berelasi dekat, yang dapat menyebabkan demam berdarah atau DB.


Nyamuk Aedes aegypti

Virus Demam dengue merupakan virus dari genus Flavivirus, famili Flaviviridae.Penyakit demam berdarah ini banyak ditemukan di daerah-daerah beriklim tropis dan subtropis di berbagai belahan penjuru dunia, terutama di waktu musim hujan yang lembap. Badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperkirakan setiap tahunnya terdapat 50 hingga 100 juta kasus infeksi DBD atau virus dengue di seluruh dunia.

Musim Penghujan adalah Musim yang unik, dikarenakan pada saat musim hujan tentu beriringan dengan musim – musim yang lain. Semisal musim bercocok tanam karena pada saat musim hujan banyak petanai memulai masa tanam. Namun tak hanya  umumnya musim hujan bukan saja  musim cocok tanam, tapi dapat diiringi juga dengan berbagai hal yang kurang meyenangkan. Seperti banjir di banyak area perkotaan.

Selain Banjir musim hujan juga membawa berbagai wabah penyakit. Semisal flu, demam,muntaber, malaria serta yang sangat beresiko dari seluruh penyakit itu adalah penyakit DBD ( demam berdarah dangue ). DBD ini banyak di dapatkan di tempat tropis seperti Negara kita Indonesia yang memiliki curah hujannya cukup tinggi. karena nyamuk cukup mudah berkembang biak di tempat yang tergenang air.


Gejala Umum Penyakit Demam Berdarah Memiliki Ciri-ciri


Masa Awal inkubasi sepanjang 3 - 15 hari sejak seseorang terinveksi virus dengue, berikut penderita dapat memperlihatkan beragam sinyal serta tanda-tanda demam berdarah seperti berikut :


  • demam tinggi yang mendadak 2-7 hari ( 38 - 40 derajat celsius ). 
  • pada kontrol uji torniquet, terlihat adanya jentik ( puspura ) perdarahan. 
  • adanya wujud perdarahan dikelopak mata bagian didalam ( konjungtiva ), mimisan ( epitaksis ), buang air besar dengan kotoran ( peaces ) berbentuk lendir bercampur darah ( melena ), dan sebagainyanya. 
  • terjadi pembesaran hati ( hepatomegali ). 
  • tekanan darah menurun hingga mengakibatkan syok. 
  • pada kontrol laboratorium ( darah ) hari ke 3 - 7 terjadi penurunan trombosit di bawah 100. 000 /mm3 ( trombositopeni ), terjadi peningkatan nilai hematokrit di atas 20% dari nilai normal ( hemokonsentrasi ). 
  • munculnya lebih dari satu tanda-tanda klinik yang menyertai layaknya mual, muntah, penurunan nafsu makan ( anoreksia ), sakit perut, diare, menggigil, kejang serta sakit kepala. 
  • alami perdarahan pada hidung ( mimisan ) serta gusi. 
  • demam yang dirasakan penderita mengakibatkan keluhan pegal/sakit pada persendian. 
  • timbulnya bintik-bintik merah pada kulit disebabkan pecahnya pembuluh darah. 


Penyakit Demam Berdarah Bisa Dicegah

Untuk menghindari ganasnya virus DBD menyerang kita atau anggota keluarga atau masyarakat sekitar, ada beberapa tindakan yang bisa di lakukan. selalu menjaga kebersihan lingkungan kita dari genangan air, tempat berkembangbiaknya Nyamuk DB. Tanamkan selalu membuang sampah pada tempatnya, agar tiddak membuang sampah sembarangan atau buang sampah di saluaran air. Tindakan dan kebiasaan baik ini harus selalu di utamakan dan diamalkan, demi terhindar dari Penyakit demam berdarah.

Selalu Waspadai Demam Berdarah Dan Amalkan 3M (menguras,Menutup dan Mengubur)

Menguras : kuras area penampungan air dengan teratur, layaknya bak mandi serta kolam. karena dapat kurangi perkembangbiakan dari nyamuk itu sendiri. atau memasukan lebih dari satu ikan kecil kedalam bak mandi atau kolam. karena ikan dapat mengonsumsi jentik nyamuk.

Menutup : menutup tempat-tempat penampungan air. bila sesudah beraktivitas yang terkait dengan area air baiknya anda menutupnya supaya nyamuk tidak dapat meletakan telurnya kedalam area penampungan air. karena nyamuk demam berdarah amat suka air yang bening.

Mengubur : Selalu kuburlah barang – barang yang tidak terpakai yang bisa sangat mungkin terjadinya genangan air.


Langkah Pengobatan Penyakit Demam Berdarah



Banyak orang yang pulih dari penyakit ini didalam waktu waktu 2 minggu. tindakan penyembuhan yang umum dikerjakan pada pasien demam berdarah yang tidak terlampau kronis merupakan pemberian cairan tubuh ( melalui minuman atau elektrolit ) untuk menghindar dehidrasi disebabkan demam serta muntah, mengonsumsi obat yang memiliki kandungan acetaminofen ( contohnya tilenol ) untuk kurangi nyeri serta turunkan demam dan banyak istirahat. aspirin serta obat anti peradangan nonsteroidal layaknya ibuprofen serta sodium naproxen justru bisa menambah risiko pendarahan. untuk pasien dengan demam berdarah yang lebih kronis, dapat amat dianjurkan untuk melakukan rawat inap di tempat tinggal sakit, pemberian infus serta elektrolit untuk ganti cairan tubuh, dan transfusi darah disebabkan pendarahan yang terjadi.


Demam berdarah diyakini merupakan salah satu penyakit yang sudah ada lama di dunia. Jejak rekam mengenai penyakit dengan gejala yang serupa telah ditemukan di ensiklopedia medis dari Cina tertanggal tahun 992. Seiiring dengan perkembangan global di bidang pelayaran dan industri pengiriman barang melalui laut di abad ke 18 dan 19, kota-kota pelabuhan bertambah dengan pesat dan menciptakan kondisi lingkungan yang sesuai bagi pertumbuhan nyamuk vektor bagi penyakit demam berdarah.

Nyamuk dan virus yang berperan dalam penyakit ini terus menyebar ke berbagai daerah baru dan telah menyebabkan banyak epidemi di seluruh dunia. Salah satu epidemi demam berdarah yang paling pertama terjadi di daerah Asia Tenggara.
Laporan resmi pertama mengenai pasien yang terjangkit penyakit serupa demam berdarah terjadi pada tahun 1779.

Belum adanya vaksin atau obat antivirus bagi virus dengue membuat demam berdarah menjadi salah satu penyakit yang mendapatkan perhatian sangat serius secara global.

tetapi yang terutama untuk terhidar dari beragam penyakit adalah senantiasa melindungi tubuh supaya terus fit. dengan berolah raga serta membiasakan gaya hidup sehat. semoga berguna. (Wikipedia / Dan berbagai Sumber)