Pages

Subscribe:

Claudication (Klaudaksio)

Penyakit arteri perifer (PAD) adalah masalah aliran darah di arteri, terutama di kaki. Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke otot dan organ di seluruh tubuh Anda. Bila Anda memiliki penyakit arteri, arteri menjadi sempit atau tersumbat. Penyebab paling umum dari arteri sempit atau tersumbat adalah penumpukan simpanan lemak di dalamnya. Ini disebut aterosklerosis. Jika Anda memiliki PAD, lengan dan kaki lebih umum/sering tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Keluhan yang paling umum dari orang yang memiliki PAD adalah klaudikasio 

Defenisi
Klaudikasio adalah rasa sakit dan / atau kram di tungkai bawah akibat kurangnya aliran darah ke otot-otot. Rasa sakit biasanya menyebabkan orang untuk lemas. Kata "claudication" berasal dari bahasa Latin yang berarti "claudicare" lemas. Klaudikasio biasanya dirasakan saat berjalan , dan berkurang dengan istirahat. Hal ini sering disebut sebagai klaudikasio "intermittent" karena datang dan pergi dengan pengerahan tenaga dan istirahat. (Pada claudication yang parah, nyeri juga dirasakan saat istirahat.)

Tingkat dirasakan nyeri dari klaudikasio dapat ringan sampai sangat parah. Klaudikasio adalah yang paling umum di betis tetapi juga dapat mempengaruhi kaki, paha, pinggul, bokong, atau lengan

Klasifikasi
Vaskular Intermiten
Intermiten vaskuler klaudikasio (Latin: claudicatio intermittens) paling sering mengacu pada kram nyeri di pantat atau otot kaki. Hal ini disebabkan oleh buruknya sirkulasi dari darah ke daerah yang terkena. Aliran darah yang buruk seringkali merupakan akibat dari penyumbatan aterosklerosis yang lebih proksimal ke daerah yang terkena, individu dengan klaudikasio intermiten mungkin memiliki diabetes -sering tidak terdiagnosa.

Spinal atau neurogenicKlaudikasio neurogenik Spinal, hal ini bukan karena kurangnya suplai darah, melainkan disebabkan oleh kompresi akar saraf atau stenosis dari kanal tulang belakang, biasanya dari tulang degeneratif, paling sering di "L4-L5" atau "L5 -S1 ". Hal ini disebabkan oleh dari banyak faktor, termasuk disc menggembung, herniated disc atau fragmen dari disc hernia sebelumnya (pasca operasi), jaringan parut dari operasi sebelumnya, osteofit (tulang taji yang menganjur dari tepi vertebra ke dalam foramen tersebut, pembukaan melalui yang akar saraf). Dalam kebanyakan kasus klaudikasio neurogenik dapat terjadi bilateral, yaitu di kedua sisi, tetapi juga dapat hadir hanya pada satu sisi saja.
Jaw
Klaudikasio Jaw adalah nyeri pada rahang atau telinga saat mengunyah. Hal ini disebabkan oleh kekurangan dari arteri memasok darah ke otot rahang, hal ini terkait dengan arteritis sel raksasa .

Etiologi
Klaudikasio adalah merupakan gejala dari penyakit arteri perifer. Dalam penyakit arteri perifer, arteri yang memasok darah ke anggota badan rusak, biasanya sebagai akibat dari aterosklerosis. Aterosklerosis dapat terbentuk di setiap/di sepanjang arteri, terutama di jantung. Ketika aterosklerosis mempengaruhi lengan dan kaki, itu disebut dengan penyakit arteri perifer.

Aterosklerosis membuat arteri keras dan sempit. Hal itu karena arteri tersumbat dengan gumpalan bahan lemak, kolesterol dan lainnya, yang disebut sebagai plak aterosklerotik. Plak bisa membuat arteri sempit sehingga pasokan darah menjadi kurang. Rasa sakit karena otot-otot kaki/lengan tidak mendapatkan cukup darah beroksigen. Oksigen adalah bahan bakar yang dibutuhkan otot untuk berkontraksi.

Klaudikasio bukanlah satu-satunya penyebab kemungkinan gejalanya. Kondisi-kondisi lain yang berhubungan dengan gejala serupa yang perlu dipertimbangkan termasuk stenosis tulang belakang, neuropati perifer, kondisi muskuloskeletal tertentu dan trombosis vena dalam.

Gejala
Gejala klaudikasio meliputi:
  • Nyeri saat berolahraga. rasa sakit atau ketidaknyamanan pada kaki, betis, paha, pinggul atau bokong tergantung di mana penyempitan arteri atau kerusakan terjadi. Klaudikasio juga bisa terjadi pada lengan.
  • Nyeri intermiten. Nyeri datang dan pergi seperti nyeri timbul ketika dalam melakukan pekerjaan berat dan menghilang ketika beristirahat.
  • Nyeri saat istirahat, menandakan bahwa klaudaksio sudah dalam keadaan tahap lanjut atau parah
  • Kulit berubah warna atau ulserasi. Jika aliran darah sangat berkurang, jari-jari kaki atau jari-jari mungkin terlihat kebiruan atau rasa dingin  saat disentuh.
Diagnoas Tes
Beberapa tes yang umum digunakan untuk mendiagnosa klaudikasio meliputi:
  • Memeriksa puls di kaki
  • Ankle brachial-indeks untuk membandingkan tekanan darah di pergelangan kaki Anda dengan tekanan darah di lengan Anda
  • USG Doppler, yang memonitor aliran darah di daerah yang terkena dampak
  • Magnetic resonance imaging (MRI) atau computed tomography (CT) angiografi untuk menunjukkan kerusakan pada pembuluh darah
  • Tekanan darah segmental - Tekanan darah dapat diukur pada tingkat lain di kaki (betis, paha rendah, paha tinggi) untuk menentukan tingkat penyakit arteri perifer (PAD). Pengukuran tersebut disebut tekanan tungkai segmental
Penanganan
Perlakuan klaudikasio melibatkan terapi medis dengan atau tanpa beberapa bentuk revaskularisasi (angioplasty / stenting, bypass bedah). Kebanyakan orang dengan claudication diberikan terapi medis, yang meliputi mengurangi faktor risiko, latihan dan menggunakan obat-obat yang dapat meningkatkan berjalan kaki 

Meskipun perawatan medis yang tepat, beberapa orang mungkin telah lumpuh (ketikmampuan bekerja normal ; berjalan 100 meter atau lebih) akibat klaudikasio yang menghambat mereka dari aktifitas bekerja atau melaksanakan tugas-tugas lain yang penting sehari-hari. Pasien-pasien ini mungkin menjadi kandidat untuk prosedur revaskularisasi, yang meliputi perkutan angioplasty dan stenting dari pembuluh menyempit atau tersumbat, atau prosedur pembedahan.


Sumber
  1. http://www.uptodate.com/contents/peripheral-artery-disease-and-claudication-beyond-the-basics
  2. http://www.mayoclinic.com/health/claudication/DS01052
  3. http://www.ucdmc.ucdavis.edu/vascular/diseases/claudication.html
  4. http://medical-dictionary.thefreedictionary.com/claudication
  5. http://www.vascularweb.org/vascularhealth/pages/peripheral-arterial-disease-(-pad-)-and-claudication.aspx
  6. http://www.medicinenet.com/claudication/article.htm
  7. http://familydoctor.org/familydoctor/en/diseases-conditions/peripheral-arterial-disease-and-claudication.html
  8. http://en.wikipedia.org/wiki/Claudication