Pages

Subscribe:

Kopi: Khasiat dan Manfaatnya


Kopi: Khasiat dan Manfaatnya

Kopi adalah sejenis minuman yang paling digemari, Minuman ini berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji kopi. Menurut sumber wikipedia Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan, karena pada mulanya kopi digunakan sebagai minuman stamina, berenergi tinggi. Kata qahwah dalam bahasa arab kembali mengalami perubahan menjadi kata kahveh (bahasa Turki) dan kemudian mengalami perubahan lagi menjadi kata "koffie" dalam bahasa Belanda. Hingga Penggunaan kata koffie kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia yang dikenal luas menjadi kata kopi hingga saat ini.

Buah Kopi Matang di Kebun Kopi

Tanaman kopi masih kerabat Rubiaceae dan diidentifikasi dengan nama Coffea, buah Kopi bulat kecil dan berwarna hijau dan berubah menjadi merah cerah ketika matang. Spesies kopi saat ini yang paling dikenal dan diperdagangkan ada dua varietas: jenis biji kopi, yaitu arabika (kualitas yang terbaik) dan biji kopi robusta.

Varietas Kopi Arabika tumbuh bagus dan akan menghasilkan biji kopi kualitas bagus pada daerah ketingian antara 1.000 hingga 2.000 dpl. sedangkan kopi robusta atau juga dikenali dengan jenis canephora lebih tahan dan tumbuh bagus di dataran rendah, antara 150 hingga 600 dpl. Kualitas kopi yang paling banyak dibudidayakan di dunia Arab tidak diragukan lagi mewakili sekitar 75% dari produksi dunia. Menurut sebuah sumber, tumbuhan Kopi pertamakali dibudidayakan di Ethiopia, yaitu dari dataran tinggi Kaffa. Dan budaya minum kopi pertama kali adalah asal-usul dari budaya orang Yaman, sejak sekitar awal tahun 1000 M.

Kandungan Yang Bermanfaat Pada Kopi

Secara Mentah Biji-biji Kopi mengandung banyak zat termasuk protein, lemak, mineral, karbohidrat, tapi setelah mengalami penggorengan atau sangrai secara drastis banyak zat yang hampir menghilang. Meskipun setelah mengalami proses penggorengan Kopi masih menunjukkan bahwa masih tetap ada kandungan Zat-zat sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Zat utama yang terkandung dalam 100 gram espresso: 0,36 gr. abu, 3 mg. magnesium, mg 49. kalium, 3 mg. fosfor, 0,50 mg. sejumlah kelompok vitamin B, lipid dalam jumlah minimum (0,018 gr.), 40 mg. kafein dan 0,040 gr. asam amino dan protein.

Manfaat Kopi Untuk Pengobatan

Biji Kopi Arabika Kualitas Bagus


Kopi adalah salah satu sumber makanan terkaya zat alami dengan sifat antioksidan, berkat kelimpahan asam klorogenat dan senyawa yang berasal dari pemanggangan. Secangkir kopi dapat berisi antara 350 dan 450 mg, suatu jumlah besar yang dapat membawa banyak manfaat bagi tubuh kita.

Berikut beberapa Sumber penelitian telah memastikan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi kopi biasanya mengembangkan perlindungan yang lebih besar terhadap berbagai penyakit seperti penyakit Parkinson dan penurunan kemampuan otak karena faktor usia. Kafein dalam kopi dipercaya mampu memerangi radikal bebas, seperti yang kita ketahui, radikal bebas dapat dihubungkan dengan terjadinya berbagai penyakit parah.

Tindakan yang sangat penting bahwa kopi bermain dalam pengurangan risiko kardiovaskular. Studi pada kafein dan sifat-sifatnya telah menunjukkan efek termogenik, yaitu, kemampuan untuk membakar lemak menjadi energi. Manfaat lain dari kopi: tiga cangkir sehari dapat membantu Anda mengurangi resiko pernapasan karena masalah saluran pernapasan. seperti nikmatnya kopi, setelah makan siang, secangkir kopi meningkatkan produksi air liur dan dengan demikian meningkatkan pencernaan.

Akhirnya, Kopi dapat membantu untuk mengatur jumlah gula dalam darah sehingga membantu mereka yang menderita diabetes tipe 2. Namun yang perlu diIngat bahwa, seperti halnya dengan semua makanan, seharusnya dikonsumsi dengan baik tanpa berlebihan, mereka bermanfaat hanya jika dilakukan moderasi.

Kafein dan komplemen

Kafein adalah alkaloid alami yang ditemukan dalam 60 spesies yang berbeda dari segala jenis tanaman, termasuk kopi, teh dan coklat, pada suhu kamar menunjukkan penampilan yang solid dan putih dengan tanpa bau. Setelah Anda mengkonsumsinya, maka tubuh membutuhkan beberapa jam untuk metabolisme, ketika diambil dalam dosis moderat, kafein memiliki efek menguntungkan pada stimulan manusia: itu sangat meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi, memori, dan anehnya memperbaiaki mood.

Ketahuilah Tentang Kafein


Kafein telah merangsang sifat yang bekerja pada sistem saraf dengan menunda perasaan cape, kelelahan, karena alasan ini disebut "obat alami" dan digunakan, bersama-sama dengan bahan lain yang memiliki karakteristik serupa, dalam komposisi minuman energi.
Kandungan kafein dalam bentuk minuman kopi sangat tergantung pada metode persiapan:

Secangkir Kopi Sejuta Ide


Kopi espresso = 90 mg
Moka = 110 mg
AS = 120 mg
Larut = 70 mg

Menurut para ahli Nutrisi, konsumsi optimal kafein per hari diperkirakan 200-300 mg, karena itu sama dengan tiga atau empat cangkir dalam 24 jam