Pages

Subscribe:

Herba: Khasiat Dan Manfaat Adas


Herba: Khasiat Dan Manfaat Adas
Adas atau (Foeniculum vulgare Miller, suku adas-adasan atau Apiaceae) merupakan tanaman herba tahunan, Adas Masih keluarga Umbelliferae, batangnya mencapai tinggi rata-rata lebih kurang satu meteran, bunga yang kecil, putih dan mekar pada awal musim panas. Buahnya kecil dan oval dan hijau kekuningan, Biji Adas agak gelap ketika matang.

Bagian yang digunakan adalah Biji adas (benih) yang dipanen diantara bulan Agustus, tanaman asli Timur dan sudah dibudidayakan sejak zaman kuno oleh penduduk Mesir, Arab dan Yunani. Di Italia, adas tumbuh liar di iklim hangat dan kering, terutama di cekungan Mediterania.


Kandungan Yang Bermanfaat Pada Biji Adas

Adas terdiri dari 9,50% air, karbohidrat 50%, protein 17,7%, serat 14,6%, abu dan lemak, mineral kalsium, kalium, natrium, fosfor , zat besi, magnesium, selenium, mangan, tembaga dan seng. Kandungan vitamin Pada biji Adas: vitamin A banding ini, vitamin B (B1, B2, B3, B5 dan B6), vitamin C dan folat DFE.

Manfaat Obat Pada Biji Adas

Sejak zaman Kuno nenek moyang kita sudah banyak yang tahu, tentang pemanfaatan adas sebagai penyedap masakan, hingga untuk keperluan obat. jika pada negara-negara afrika dan mesir hanya untuk penggunaan dalam penyusunan permen dan minuman tetapi sebenarnya tanaman ini memiliki sifat lain yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Sebenarnya Adas dalam bentuk teh herbal mampu merangsang sekresi kelenjar, khususnya kelenjar ibu, dengan cara ini meningkatkan jumlah dan kualitas ASI. Adas juga di percaya meringankan sakit kepala, menenangkan dan sangat berguna dalam kasus kelelahan otak, masalah dengan bronki dan batuk. Tidak hanya itu saja, adas juga sangat dipercaya mempromosikan pencernaan, melemaskan otot-otot usus dan karena itu dianjurkan bagi mereka yang menderita sembelit.

Penggunaan lain adas ini terkait dengan masalah fermentasi usus dan asupan yang direkomendasikan karena itu dalam kasus masalah flautulenza dan mutterings. Biji Adas juga memiliki sifat pewangi napas, karakteristik ini tentu menyenangkan. dalam hal siklus telat menstruasi, Biji Adas bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah telat datang bulan.