Pages

Subscribe:

Buah Tomat: Khasiat Dan Manfaatnya

Buah Tomat: Khasiat Dan Manfaatnya

Buah tomat, merupakan tanaman yang sangat gampang didapati. warnanya yang Merah cerah sungguh menarik. tak hanya kaya vitamin C serta A, Namun Buah tomat konon bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

seandainya dirunut sejarahnya, Buah tomat atau lyopercisum esculentum pada awalnya ditemukan lebih kurang di Negara peru, ekuador serta bolivia. di prancis, Buah tomat diberi nama ‘apel cinta’ atau pomme d’amour. dikatakan untuk jadikan apel cinta, dikarenakan Buah tomat dapat memulihkan lemah syahwat serta menambah jumlah sperma dan menambah kegesitan gerakannya.


Pohon Tomat, Kebun Tomat Manis

Buah tomat juga banyak dipakai untuk masakan, layaknya sup, jus, pasta, dllnya. terasa yang sedikit asam apalagi bikin selera makan meningkat. lebih jauh menurut penelitian dr. john cook bennet dari wiloughby university, ohio, untuk jadikan orang pertama yang meneliti faedah Buah tomat, pada november 1834, tunjukkan bahwa tomat bisa menyembuhkan diare, serangan empedu, masalah pencernaan serta memulihkan manfaat lever.

peneliti lain dari rowett research institute di aberdeen, skotlandia, juga sukses mendapatkan faedah tomat yang lain. menurut dia, gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat bisa menghindar penggumpalan serta pembekuan darah yang bisa mengakibatkan penyakit jantung serta stroke.

perihal ini juga dianggap oleh dokter gizi, dr. leane suniar manurung, msc. lihat manfaat Buah tomat demikian banyak, jadi tomat baik dikonsumsi siapa saja sejak usia awal. “apalagi tomat juga timggi kandungan vit. c serta vit. a, yang berguna untuk menambah kekebalan tubuh. ” namun tomat layaknya apa yang baik dikonsumsi ? bila lihat dipasaran, kita mendapatkan Buah tomat dengan dua warna, yaitu warna merah serta hijau. perbedaan warna ini memberikan kandungan vitaminnya.

menurut leane, Buah tomat yang baik dikonsumsi merupakan tomat merah. tomat berwarna merah memiliki kandungan vit. c serta vit. a lima kali semakin banyak dibanding dengan Buah tomat hijau. makin masak tomat, makin kaya kandungan vitaminnya. “karena itu anak kecil baiknya dibiasakan banyak makan Buah tomat merah. ini mutlak untuk kesehatan matanya, ” tutur leane. lantas, tidak pelu sangsi berikan si kecil tomat. sejak usia 6 bln., seorang anak mulai dibiasakan mengonsumsi tomat yang digabung dengan sayuran yang lain.


Buah Tomat sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan

didalam pigmen warna merah pada Buah tomat, memiliki nilai plus yang lain. warna merah pada tomat semakin banyak memiliki kandungan lycopene, yakni satu zat antioksidan yang bisa menghancurkan radikal bebas didalam tubuh disebabkan rokok, polusi serta cahaya ultraviolet. tak hanya itu saja, belakangan diketahui lycopene juga bermanfaat menolong menghindar rusaknya sel yang bisa menyebabkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut serta kanker pankreas. “memang lycopene bukan sekedar ditemukan pada Buah tomat, namun juga pada anggur merah, semangka serta pepaya. tetapi, lycopene yang sangat banyak ada pada tomat. ” terang leane.

untuk memperoleh manfaatnya Buah tomat, terlebih untuk orang dewasa, lanjut leane tomat baiknya dimakan tiap-tiap pagi sejumlah satu atau dua buah. rasa asam pada Buah tomat datang dari kandungan asam sitrat mengakibatkan tomat merasa fresh, hingga bisa menambah nafsu makan. rasa asam ini amat baik dokonsumsi waktu kita alami mual atau dikonsumsi oleh beberapa wanita yang alami pms ( pre menstrual syndrome ). bila tidak kuat dengan rasa masamnya, terlebih untuk yang yang mempunyai penyakit maag, leane tidak merekomendasikan mengkonsumsinya walapun didalam wujud jus yang telah ditambah gula, karena akanmemperburuk keadaan penyakit.


Jus Buah Tomat Segar

tidak sama dengan sayuran yang lain yang lebih berguna bila dimakan mentah-mentah, nyatanya Buah tomat tambah baik digabung dengan masakan atau dihancurkan sebelum saat dimakan. beberapa peneliti mendapatkan lycopene yang dikeluarkan pada Buah tomat tersebut semakin banyak dibanding dengan tomat yang segera dimakan tanpa diolah terlebih dulu. sayangnya, walau kandungan lycopennya berlimpah, pasta tomat serta saus tomat yang dijual dipasaran telah banyak dibubuhi bahan tambahan makanan layaknya pewarna atau pengawet sintetis. bahan tambahan ini justru merangsang timbulnya banyak radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Khasiat Dan Manfaat Utama Pada Buah tomat


  • menolong turunkan efek masalah jantung. 
  • menyingkirkan kelelahan serta menambah nafsu makan. 
  • menghalangi perkembangan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara serta endometrium. 
  • memperlambat penurunan manfaat mata dikarenakan dampak usia ( age-related macular degeneration ). 
  • kurangi efek radang usus buntu. 
  • menolong melindungi kesehatan organ hati, ginjal, serta menghindar kesusahan buang air besar. 
  • menyingkirkan jerawat. 
  • menyembuhkan diare. 
  • menambah jumlah sperma pada pria. 
  • memulihkan manfaat lever. 
  • menangani kegemukan.