Pages

Subscribe:

Khasiat dan Manfaat Buah Markisa


Khasiat dan Manfaat Buah Markisa

Buah Markisa adalah memiliki Nama ilmiah tanaman Passiflora edulis, Buah markisa dalam keluarga Passifloraceae dan Markisa merupakan tanaman Merambat asli daerah tropis, buah markisa memiliki bentuk oval dan mengandung pulp kekuningan sangat lembut. Buah markisa ini juga dikenal memiliki sifat afrodisiak atau buah gairah, Markisa tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis.

Nama lain Buah Markisa, yang dikenal untuk buah ini antaranya maracujá (Portugis), maracuyá (Spanyol), Passion Fruit (Inggris), Granadilla (Amerika Selatan dan Afrika Selatan), Pasiflora (Israel), Lilikoʻi (Hawaii), dan Lạc tiên, Chanh dây atau Chanh leo (Vietnam).

Img Source: http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Passionfruit_and_cross_section.jpg 

Di Indonesia terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa ungu (passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan markisa kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah. Beberapa daerah yang menjadi sentra produksi markisa ini antara lain Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan.
Sementara itu, ada pula varian markisa yang tumbuh di daerah Sumatera Barat yang disebut sebagai markisa manis (passiflora edulis forma flavicarva).

Img Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Passionfruitvine.jpg

Tumbuhan Markisa, yang dapat mencapai ketinggian beberapa meter, bunga tanaman buah-buahan akan mekar di musim panas, dari Juli hingga September, kemunculan ditandai bunga putih yang indah dengan pusat merah muda ungu. Buah markisa, terdiri dari kandungan air 73%, mengandung protein, lemak, abu, serat, karbohidrat dan gula, beberapa mineral yang banyak: kalium, magnesium, natrium, dan fosfor dalam jumlah yang tepat, kalsium, zat besi, seng dan selenium. markisa mengandung sangat kaya vitamin C, A B2, dan vitamin B3, beta-karoten, vitamin K dan vitamin kolin atau j. buah gairah atau markisa, sangat bermanfaat dengan adanya kandungan beta karoten dan Bioflavonoid, buah ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Kulit buah yang melindungi  dari cuaca tanpa Radikal. Sifat lain dari buah markisa membawa manfaat dalam masalah retensi air dan melindungi jantung dengan menjaga arteri tetap bersih. keberadaan zat lendir yang cocok bukan untuk masalah gastritis dan Kolitis. menurut studi dua tahun, yang dilakukan di University of Arizona sifat zat nyeri dan anti-inflamasi dalam mengkonfirmasi buah markisa. Akhirnya, buah ini mengandung proporsi yang tinggi omega-6 asam lemak esensial, yang (bukan oleh tubuh manusia kemudian dihasilkan oleh zat dalam buah markisa), serta omega-3, buah markisa memainkan peran penting dalam Gesundheit manusia. Buah ini memiliki beberapa kegunaan yang, dari sudut pandang sebagai bahan dalam jus buah, mousses lezat, krim, sorbets dan sebagai bahan dalam Koktail.

Kosmetik dalam markisa digunakan sebagai bahan untuk pembuatan sampo herbal, mandi hydratant Gel dan gel pelembut  kulit, pelembut kain, dan minyak parfum untuk pijat, krim, dan penyegar udara. Setiap 100 g hasil pulp buah markisa menghasilkan 96 kalori.