Pages

Subscribe:

Asparagus: Khasiat dan Manfaatnya


Asparagus: Khasiat dan Manfaatnya

Asparagus adalah tanaman herba abadi asli dari benua Asia, sekarang tersebar di seluruh Eropa. Asparagus, dalam pengertian umum, adalah suatu jenis sayuran dari satu spesies tumbuhan genus Asparagus, terutama batang muda dari Asparagus officinalis..

Pemanenan Asparagus sewaktu tunas sedang tumbuh, yang mana pada saat itu asparagus memiliki tekstur lebih lembut, jika terjadi penundaan panen, maka asparagus akan kehilangan rasa dan kelembutan. Musim panen dimulai sekitar bulan Januari.

Tumbuhan asparagus masih kerabat dengan Bawang putih, yang sama dengan perbedaan bahwa asparagus adalah kaya klorofil, yang ditandai dengan warna hijau khas dan sifat menguntungkan klorofil bagi kesehatan tubuh kita.


Kandungan Dan Manfaat Yang Terdapat Dalam Asparagus

Asparagus merupakan sumber terbaik asam folat nabati, sangat rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolesterol, serta mengandung sangat sedikit natrium. Tumbuhan Asparagus ini juga merupakan sumber rutin, suatu senyawa yang dapat memperkuat dinding kapiler. Asparagus mengandung zat berikut: karbohidrat, protein, serat terdiri dari selulosa, lignin dan pektin, vitamin A, hampir semua vitamin B dan mineral seperti natrium, kalium, fosfor, magnesium, besi, seng, tembaga dan iodium.


Asparagus Sebagai Manfaat Untuk Pengobatan

Asparagus telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan sifat diuretiknya. Dengan adanya sifat diuretik tersebut, asparagus berkhasiat untuk memperlancar saluran urin sehingga mampu memperbaiki kinerja ginjal.

Karena kandungan kalium tinggi, asparagus adalah makanan yang sangat berguna untuk jantung dan otot-otot pada umumnya, patut dipertimbangkan efek diuretiknya karena rasio potasium / nitrogen yang sangat tinggi dan asparagin, dimana juga bertanggung jawab atas bau yang menyengat. Asparagus juga rendah kalori dan menyediakan jumlah yang seimbang dari vitamin dan mineral untuk tubuh yang hampir sangat diperlukan untuk berfungsinya sistem saraf dan jantung.

Seperti hampir semua tanaman Herba (alami), asparagus memiliki sifat penyembuhan, yang sangat dianjurkan untuk pengobatan penyakit rematik dan masalah kencing. Akar asparagus Juga digunakan untuk memberikan manfaat terhadap penderitaan jantung, menghilangkan air yang terakumulasi di berbagai jaringan karena lemah jantung. Cara terbaik untuk Konsumsi asparagus dalam rangka meningkatkan sifat diuretik adalah rebusan tersebut.

Jenis-Jenis Asparagus

Asparagus liar masih kerabat lily, tumbuh terutama di padang rumput dan hutan yang telah digarap, tampak tipis dan hijau, asparagus ini dipanen tunas muda yang tumbuh di musim semi. Asparagus liar sangat dicari untuk tekstur mereka sangat halus, lezat direbus dan dibumbui dengan zaitun, minyak lemon dan garam. Asparagus liar juga digunakan sebagai bahan dalam omelet, risottos dan sup.

Curiosity asparagus

Ada banyak jenis asparagus dan dibedakan dengan berdasarkan warna mereka: putih, hijau dan ungu, setelah Anda membeli atau memanen, Anda dapat menyimpan satu hari sampai 7 hari di lemari es, yang ideal dengan cara  membungkus mereka dalam kain lembab untuk memperpanjang bahkan beberapa hari penyimpanan di kulkas. Jika Anda ingin memastikan untuk membeli asparagus segar, yang perlu di amati adalah bagian pucuknya: mereka sepenuhnya tertutup kompak dan selalu segar.

Asparagus lebih kaya serat dari jenis sayuran lain dan bisa menjadi makanan yang dapat membantu kita dalam hal diet untuk menurunkan berat badan karena asupan yang meningkat dengan rasa cepat kenyang.