Pages

Subscribe:

Buah Nanas Dan Manfaatnya


Buah Nanas Dan Manfaatnya

Buah Nanas adalah masih keluarga bromeliad, Tumbuhan ini di percaya asli Amerika Selatan, pengetahuan tentang Buah nanas di Eropa dan semua negara-negara lain adalah karena Jasa Christopher Columbus, saat ini budidaya Buah Nanas tersebar luas di beberapa negara seperti Asia, Afrika, Australia dan Amerika Latin.

Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.

IMG Source: http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Pineapple1.JPG

Saat ini, produksi rata-rata dunia, buah nanas sekitar 5 juta ton, yang sebagian besar diperuntukkan industri, sementara di Eropa, Buah nanas adalah buah yang paling banyak dikonsumsi di dalam bentuk kalengan dan sirup. Nanas Memiliki daun yang panjang, dan bergerigi kasar.  Yang mana kita bisa mendapatkan serat yang digunakan untuk produksi tali, benang dan bahkan di Pulau lombok(NTB) serat daun nanas bisa dimanfaatkan sebagai kain tenun, dan berbagai jaringan.

Kandungan Buah nanas yang sangat bermanfaat

Buah Nanas 90% terdiri dari kandungan air, sedangkan untuk sisanya yaitu: gula, minyak atsiri, bromelain, asam oksalat, asam sitrat, dan asam malat, vitamin A, B dan C, asam amino, protein, mineral, di antaranya ada yang yodium, mangan, kalsium, kalium dan fosfor. Sepotong nanas dengan berat 100 gram hanya menyediakan 40 kalori.

Manfaat Buah Nanas Untuk Pengobatan

Sifat dan manfaat buah nanas khusus untuk kehadiran bromelain, suatu enzim penting dan sebagian besar hadir dalam batang, dan fitur utamanya adalah untuk membuatnya mudah dicerna bahkan protein yang paling kompleks.

Bromelin adalah enzim proteolitik yang ditemukan pada bagian batang dan buah nanas (Ananas comosus). Enzim ini diproduksi sebagai hasil sampingan dari pabrik jus nanas. Dalam memproduksi bromelin, beberapa senyawa yang dapat digunakan untuk presipitasi (pengendapan) enzim ini adalah amonium sulfat dan alkohol.

Beberapa kegunaan dari enzim ini adalah mengurangi rasa sakit dan pembengkakan karena luka atau operasi, mengurangi radang sendi, menyembuhkan luka bakar, meningkatkan fungsi paru-paru pada penderita infeksi saluran pernapasan, dan lain-lain. Untuk meningkatkan kelancaran pencernaan pada manusia, umumnya digunakan bromelin berdosis 500 mg dalam bentuk kapsul. Apabila konsumsi bromelin dilakukan bersamaan dengan senyawa anti-koagulan maka risiko terjadinya pendarahan akan meningkat.


Sejak abad ke-18, batang nanas itu dikenal memiliki sifat pencernaan dan secara luas dikonsumsi hanya untuk tujuan orang dengan gangguan pencernaan tertentu.
Namun Berkat kandungan Asam organik, berkat sifat mereka, buah nanas memiliki fungsi diuretik secara efektif dapat memerangi retensi air, itulah sebabnya mengapa nanas adalah buah yang paling dianjurkan dalam diet untuk memerangi atau mencegah selulit.
Jangan meremehkan efek menguntungkan vitamin C, beta-karoten dan mangan, bersama-sama dengan antioksidan, membantu menjaga kulit Anda bersinar dan lentur sehingga memperlambat pembentukan keriput.

Manfaat lain, terkait dengan sifat bromelain, adalah bahwa anti-inflamasi: dalam pengobatan jenis ini bromelain patologi jauh lebih menguntungkan dari obat apapun, karena bromelain tidak mengandung racun dan asupan yang menghindari efek samping yang tidak menyenangkan yang timbul dari penggunaan obat. Tetapi sifat bromelain tidak hanya sebatas itu saja. Dan bromelain juga memiliki sifat antitrombotik dan kemampuan untuk membuat larut plak aterosklerosis.

menurut sebuah penelitian, Saat ini sedang dipelajari dalam analisis mendalam berkaitan dengan aktivitas antitumor nya. Ingat bromelain yang sensitif terhadap panas dan akan kehilangan semua sifat-sifatnya dengan cara memasak berlebihan, sehingga manfaatnya menjadi berkurang dalam produk seperti selai, kue dan produk lain yang berasal dari pembakaran.

Manfaat Buah Nanas Untuk selulit

Selulit, seperti yang kita ketahui, adalah hasil dari suatu retensi air 'yang berlebihan dan akumulasi lemak pada jaringan di bawah kulit yang memberi bentuk kulit menjadi kurang menarik. Bromelain, ditemukan terutama di batang nanas adalah salah satu zat yang paling umum digunakan sebagai komponen suplemen dan produk untuk pengobatan selulit, beberapa studi telah menegaskan efektivitas dalam memerangi efek dari selulit, berkat anti-inflamasi sifat .(wikipedia/App/Berbagai Sumber)