Pages

Subscribe:

10 Rutinitas Bangun Tidur yang Membangkitkan Energi


Kebanyakan orang malas-malasan ketika bangun tidur di pagi hari, padahal kinerja yang akan Anda jalani sepanjang hari telah terbentuk sejak bangun tidur. Jadilah orang yang selalu bersemangat memulai hari dengan cara memperbaiki rutinitas bangun tidur.

Seperti dilansir sheknows, Minggu (23/09/2012) berikut 10 rutinitas bangun tidur yang dapat membuat Anda bersemangat menjalani aktivitas sepanjang hari:

1. Peregangan
Ketika pertama kali membuka mata saat bangun di pagi hari, pikiran masih kabur dan susah untuk fokus. Agar pikiran dapat segera fokus dan siap untuk beraktivitas, cobalah untuk melakukan peregangan sederhana di kasur seperti pose yoga. Hal ini akan membantu Anda membangun energi untuk bangkit dari kamar tidur dan bersiap memulai aktivitas.

2. Latihan ringan
Setelah beranjak dari tempat tidur, lakukan beberapa latihan untuk memperlancar aliran darah. Hal ini adalah cara yang paling bagus untuk memulai hari agar lebih berenergi, misalnya dengan cara berjalan-jalan, sit-up atau push-up singkat.

3. Jangan terlalu banyak minum kopi
Kafein dalam kopi memang membuat Anda lebih terjaga dan waspada, tetapi jika jumlahnya berlebihan atau lebih dari dua cangkir dapat menimbulkan beberapa efek negatif pada kesehatan. Kopi juga bersifat diuretik yang meningkatkan jumlah urin dan menyerap kalsium yang dibutuhkan tulang.

4. Minum lebih banyak air putih
Ketika tidur, Anda akan kehilangan cairan tubuh, sehingga akan merasa kehausan ketika bangun di pagi hari. Minumlah beberapa gelas air putih dingin untuk menyegarkan tubuh dan membantu untuk merangsang sistem saraf dan saluran pencernaan.

5. Konsisten dengan tidur
Pergi tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari karena tubuh Anda menyukai konsistensi. Menetapkan jam tidur lebih awal di malam hari akan memudahkan Anda bangun di pagi hari.

6. Setel alarm dengan musik yang lembut
Terbangun karena suara jam alarm yang keras dan berisik dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar terkena serangan jantung. Pilihlah suara musik lembut sebagai nada alarm yang disetel dengan volume yang meningkat agar Anda tidak terlalu kaget.

7. Matikan alat elektronik
Matikan alat elektronik seperti komputer atau TV sebelum Anda pergi tidur. Lampu yang terlalu terangjuga dapat mengganggu otak ketika tidur, sehingga sulit untuk dapat tidur dengan nyenyak. Tidur yang nyenyak akan membuat Anda bangun dengan lebih berenergi di pagi hari.

8. Segeralah mandi
Mandi dapat membangunkan kembali sistem saraf tubuh setelah tidur dan membuat Anda merasa lebih bugar untuk memulai aktivitas.

9. Sarapan pagi
Perut akan kosong ketika bangun tidur di pagi hari, padahal tubuh membutuhkan energi untuk bergerak. Sarapan yang sehat setiap pagi dapat menyumbangkan energi untuk memulai aktivitas.

10. Bernapas dalam-dalam
Bangun pagi pada sebagian orang akan diikuti perasaan cemas karena hal-hal yang akan dihadapinya di siang hari, sehingga mulailah hari dengan menarik napas dalam-dalam agar lebih rileks.

sumber : Linda Mayasari - detikHealth