Pages

Subscribe:

Sebelum Terlambat Cegahlah Kanker Serviks

SEBELUM TERLAMBAT CEGAHLAH KANKER MULUT RAHIM

Kanker mulut rahim atau yang lebih dikenal dengan kanker serviks adalah momok untuk wanita indonesia. kanker itu jadi pembunuh nomor satu wanita di indonesia.

kanker mulut rahim merupakan tumor ganas yang tumbuh didalam leher rahim/seviks yakni bagian paling rendah dari rahim yang melekat pada puncak vagina. kanker serviks umumnya menyerang wanita berumur 35-55 th.. demikianlah diungkap dr ferryal loetan, asc&t, sp rm, mkes-mmr di win klinik, kamar sutera, kelapa gading square jakarta, sekian waktu lantas.



tak hanya itu, kanker serviks juga rawan dialami wanita yang lakukan jalinan seksual pertama dikerjakan pada usia awal serta kerap berganti-ganti pasangan seksual. dan wanita yang menderita infeksi herpes genetalis atau infeksi klamidia menahun serta banyak melahirkan.

dia menjelaskan, sebagian besar yakni 90% dari kanker serviks datang dari sel skuaomosa yang melapisi serviks serta 10% sisanya datang dari sel kelenjar penghasil lendir pada saluran servikal yang menuju kedalam rahim.

kanker serviks terjadi bila beberapa sel serviks jadi abnormal serta membelah dengan tidak teratasi. pemicu terjadinya kelainan pada beberapa sel serviks tidak diketahui dengan tentu, namun ada lebih dari satu faktor risiko yang punya pengaruh pada terjadinya kanker serviks yakni virus hpv ( human papillomavirus ).

hpv merupakan virus pemicu kutil genetalis ( kondiloma akuminata ) yang ditularkan melewati jalinan seksual. virus ini terdiri dari beragam jenis jenis. tetapi ada dua jenis yang sangat membahayakan, yakni hpv jenis 16 serta 18, terangnya.

virus itu ditularkan melewati jalinan seksual. tetapi tidak seluruh infeksi hpv bisa berkembang jadi kanker serviks. bila seorang wanita terinfeksi dengan hpv yang jenis lain yang tidak demikian beresiko, jadi dengan kekebalan tubuhnya, wanita tersebut bisa terhindar dari kanker serviks. umumnya hpv yang berkembang jadi kanker serviks merupakan yang jenis 16 serta 18.

dr ferryal juga menuturkan, rutinitas merokok juga mempertinggi risiko kanker serviks. tembakau mengakibatkan kerusakan sistem kekebalan serta merubah kekuatan tubuh untuk melawan infeksi hpv pada serviks.

Banyak Melahirkan Anak, juga Penyebab Kanker Serviks 

risiko makin tinggi dialami wanita yang suami atau pasangan seksualnya lakukan jalinan seksual pertama pada usia di bawah 18 th., berganti-ganti pasangan serta dulu menikah dengan wanita yang menderita kanker serviks.

pergantian prekanker pada serviks umumnya tidak meminimalkan tanda-tanda serta pergantian ini tidak terdeteksi jika bila wanita tersebut melakukan kontrol panggul serta pap smear.

tanda-tanda umumnya baru nampak saat sel serviks yang abnormal beralih jadi keganasan serta menyusup ke jaringan di sekelilingnya. pada waktu ini dapat timbul tanda-tanda diantaranya perdarahan vagina yang abnormal, terlebih di antara dua menstruasi, sesudah lakukan jalinan seksual serta sesudah menopause, jelasnya.

juga ditandai dengan menstruasi abnormal ( lebih lama serta semakin banyak ) serta keputihan yang menetap, dengan cairan yang encer, berwarna pink, coklat, memiliki kandungan darah atau hitam dan berbau busuk.

lantas, tanda-tanda dari kanker serviks stadium lanjut yakni nafsu makan berkurang, penurunan berat badan, kelelahan. dan nyeri panggul punggung serta tungkai. dari vagina keluar air kemih atau tinja, patah tulang.

Pencegahan Kanker Serviks 

ada dua langkah untuk menghindar kanker serviks. pertama, menghindar terjadinya infeksi hpv yakni dengan lakukan vaksinasi. vaksin ini dibikin dengan teknologi rekombinan, hingga memiliki ketahanan yang kuat. vaksinasi ini adalah pencegahan yang sangat utama. perlindungan pada kanker serviks dengan vaksin ini meraih 89%. lama proteksi vaksin ini meraih 53 bln..

lantas, lakukan kontrol pap smear dengan teratur. dikarenakan pada prinsipnya tiap-tiap kanker itu bila ditemukan didalam tingkatan yang awal, jadi dapat lebih gampang didalam penanganannya. karenanya dibutuhkan pendeteksian dengan awal pada kanker serviks.

di antara metode yang bisa dikerjakan untuk tahu dengan awal merupakan pap smear. sensitifitas pap smear mecapai 90% apabila dikerjakan tiap-tiap th.. dikarenakan kanker serviks ditularkan melewati jalinan seksual, jadi wanita yang telah dulu lakukan jalinan seksual sebaiknya lakukan pap smear tiap-tiap Tahun sekali.

tak hanya itu, sebaiknya anak wanita yang berumur di bawah 18 th. tidak lakukan jalinan seksual. janganlah lakukan jalinan seksual dengan penderita penyakit kulit kelamin atau pakai kondom untuk menghindar penularan penyakit kulit kelamin. dan janganlah berganti-ganti pasangan seksual serta berhenti merokok. ( ri )

Sumber: Republika.co.id