Pages

Subscribe:

Daun Kemangi: Khasiat Dan Manfaatnya


Daun Kemangi: Khasiat Dan Manfaatnya

Kemangi Atau Basil dalam bahasa inggris, atau nama ilmiahnya Ocimum basilicum dan O. americanum. Ia dikenal juga sebagai O. basilicum var. anisatum Benth. adalah tumbuhan terna kecil yang daunnya biasa digunakan sebagai lalapan. Aroma daun kemangi sangat khas, kuat namun juga lembut dengan sentuhan aroma jeruk.

Daun Kemangi Segar

Daun kemangi merupakan salah satu kelengkapan bumbu untuk pepes. Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama dengan daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam penyet atau ikan goreng. Di Negara Thailand Kemangi dikenal dengan nama manglak dan juga sering dijumpai dalam menu kuliner setempat, juga bisa di jumpai di kebanyakan Negara-Negara Asia dan Mediterania.

Kandungan Yang Bermanfaat Pada Daun Kemangi

Basil atau Daun Kemangi mengandung lemak, protein, serat, gula, dan tentu saja air mengandung mineral berikut: kalsium, natrium, mangan, tembaga, kalium, fosfor, zat besi, magnesium, dan seng. Baik kehadiran vitamin A, B (niacin, thiamin, riboflavin), vitamin C (asam askorbat) dan vitamin E. Akhirnya Daun Kemangi ditemukan juga kehadiran berlimpah asam amino seperti tryptophan, Lisin, yang Leusin, Asam aspartat, asam glutamin, Alanin , Arginine dan banyak lagi.

Manfaat Obat Pada Daun Kemangi

Kemangi Tidak hanya merupakan tanaman aromatik yang sangat baik mampu memberikan rasa lebih untuk berbagai macam kuliner Asia dan Mediterania, namun berkat sifat-sifatnya, Daun Kemangi adalah bantuan alam yang berharga untuk pengobatan berbagai penyakit. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di India, kemangi telah terbukti menjadi senjata yang efektif dalam mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis, yang kita tahu adalah kondisi sangat mengganggu untuk mempengaruhi sendi, telah ditunjukkan bahwa asupan jus kemangi berkonsentrasi dalam bantalan, dengan cepat mengurangi ukuran sendi bengkak dan sakit karena arthritis.

Juga dari penelitian ini menunjukkan bahwa asupan kemangi baku yang digunakan untuk melawan dan memerangi berbagai jenis peradangan seperti pilek dan penyakit kulit. Khasiat tertentu kemangi tampaknya disebabkan oleh zat yang memberikan aroma karakteristik Daun Kemangi yaitu eugenol.

Kemangi juga digunakan sebagai stimulan dari saluran pencernaan, karena sifat-sifatnya memperlancar pencernaan dan meningkatkan nafsu makan. kemangi Juga memperkuat sistem saraf, mengurangi kecemasan dan kegelisahan, akan sangat berguna dalam kasus insomnia dan dapat dimanfaatkansebagai Obat Asma, bronkitis dan batuk.

Akhirnya Daun Kemangi juga mampu meningkatkan produksi ASI selama Ibu menyusui dan Menghilangkan Rasa ketidaknyamanan akibat gigitan serangga. Apa Lagi yang Anda Harapkan dari tanaman Kemangi ini?.

Infused Daun Kemangi Anti-Stress

Untuk memerangi kecemasan juga stress, Sangat di anjurkan Untuk Meminum rebusan air Daun Kemangi. Caranya rebus selama 10 menit satu gengam daun kemangi  dalam 400cc air mendidih, setelah dingin saring dan minum secangkir setelah makan siang. atau anda bisa memanfaatkan biji kemangi sesendok di rebus dengan 400cc air selama 10 menit.