Pages

Subscribe:

Buah Jeruk: Khasiat Dan Manfaatnya


Buah Jeruk: Khasiat Dan Manfaatnya

Nama Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku atau masih kerabat Rutaceae, Pohon Jeruk bisa mencapai ketinggian hingga 12 meter mengesankan dan buahnya, tergantung pada spesies jeruknya, Buah jeruk dapat dipanen rata-rata dalam periode dari bulan November sampai akhir Mei. Sebuah pohon jeruk menghasilkan rata-rata sekitar 500 Kg per tahun.

Saat ini, di antara buah jeruk, jeruk yang paling populer di dunia dan varietas yang ditanam memang banyak, di peringkat satu produsen terbesar dari negara kita adalah Bali,banyuwangi,jember,pontianak,makassar dan berastagi sumatra utara.


Sementara Varietas yang paling umum dari jeruk impor adalah: Tarocco, Dogwood , Moor, Navel Washington, Valencia,Navelina, Belladonna dan Oval, Moro dan Tarocco matang pada periode antara Desember dan Maret. negara utama penghasil jeruk adalah, China, Brazil,Italia,prancis, USA.

Jeruk dibagi menjadi dua kelompok utama: jeruk pahit dan jeruk manis, varietas jeruk manis adalah yang paling banyak dibudidayakan dan dikonsumsi di dunia. Sementara varietas jeruk pahit, berkat sifat-sifatnya, juga digunakan untuk produksi minyak esensial dan produk-produk farmasi dengan sifat pencernaan.

Komposisi Dan Kandungan Buah Jeruk Yang Bermanfaat

Buah Jeruk mengandung sekitar 86% air, gula 9%, serat, lemak, protein dan abu menempati persentase yang tersisa, antara mineral yang hadir dalam jumlah yang lebih besar termasuk fosfor, magnesium, kalium dan seng.

Sementara kandungan vitamin pada buah jeruk adalah, vitamin A, B1, B3 dan B5, dan jumlah yang paling berlimpah adalah vitamin C, sebuah fakta yang telah membuat buah jeruk jadi terkenal untuk khasiatnya menjadi bermanfaat bagi tubuh manusia. Juga hadir dalam jumlah kecil vitamin J dan vitamin E. Sebaliknya ini asam amino: asam aspartat dan asam glutamat, arginin, glisin, lisin, prolin, serin, tirosin dan treonin.

Khasiat Dan Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

Seperti yang telah di ketahui semua orang, Buah jeruk merupakan sumber yang baik dari vitamin C. Vitamin ini memiliki banyak sifat dapat membawa berbagai manfaat bagi organisasi kami di berbagai tingkatan. Menguatkan sistem kekebalan tubuh terhadap aktivitas virus (terutama di musim dingin) dan bakteri, mencegah terjadinya penyakit jantung dan, berkat antioksidan, vitamin C mampu memerangi aktivitas radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga sangat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh kita dan buah jeruk juga memiliki sifat anti-anemia (penguat daya ingat).

Vitamin A juga sangat berguna untuk penguatan pandang, sementara flavonoid yang disebut esperdina, serta memiliki sifat anti-inflamasi dan antiallergic mencegah pembuluh darah menebal sehingga mengurangi risiko trombosis. Buah Jeruk adalah anthocyanin, pigmen yang memberikan warna khas mereka dan memiliki sifat antioksidan dengan semua manfaat yang dibutuhkan.

Dalam rangka untuk lebih mengambil keuntungan dari manfaat vitamin C akan lebih baik untuk tidak sepenuhnya menghilangkan bagian putih yang berada di bawah kulit, karena mengandung zat yang disebut rutin dapat meningkatkan penyerapan vitamin C. Dari berbagai sumber penelitian, jumlah potasium yang baik dalam buah jeruk sangat membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Jus Buah Jeruk

Jus jeruk, karena sangat kaya akan vitamin C, dapat dianggap sebagai bantuan berharga untuk menjaga tubuh kita selalu sehat, di samping manfaat yang bisa kita menikmati, rasa segar dan menyenangkan ketika kita minum Jus Buah Jeruk.

Ketika Anda memutuskan untuk membuat jus buah jeruk, sebaiknya untuk tidak menyaring jus, seperti bulir buah jeruk ini di dalam mengandung berbagai zat dengan berbagai manfaat yang sangat menguntungkan kesehatan anda. Karena sangat mudah rusaknya zat ini, maka untuk mendapatkan manfaat maksimal itu sebaiknya untuk segera mengkonsumsi jus buah jeruk yang baru saja dibuat. Buah Jeruk memiliki total kalori rata-rata 41 kalori per 100 gram.