Pages

Subscribe:

Buah kesemek: Khasiat dan Manfaatnya


Buah kesemek: Khasiat dan Manfaatnya

Buah kesemek, adalah nama sejenis buah-buahan dari marga Diospyros. Tanaman ini dikenal pula dengan sebutan buah kaki, atau dalam bahasa Inggris Buah ini dinamai Oriental (Chinese/Japanese), Kesemek masih Kerabat persimmon. Nama buah ini ilmiahnya adalah Diospyros kaki. (Khaki dalam bahasa Jepang, adalah nama zat tanin yang dihasilkan oleh buah ini). Buah Kesemek adalah asli timur dan pohon buah ini dapat mencapai ketinggian hingga 15 meter. budidaya Buah Kesemek adalah salah satu buah yang tertua diperkirakan sekitar 2.000 tahun yang lalu oleh para petani Cina.

Buah Kesemek Matang

Tanaman kesemek mulai menghasilkan buah tahun keempat setelah penanaman. Buah kesemek akan matang sekitar bulan Oktober / November ketika tanaman telah hampir sepenuhnya daun berguguran dan kulit buah akan berubah warna oranye terang.

Di Negara-negara Asia tenggara seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand, produksi Buah kesemek umumnya hanya mencukupi untuk kebutuhan konsumsi lokal. Jika di Sumatera Utara daerah Brastagi, di waktu lampau pernah secara tetap mengekspor kesemek untuk Negara Singapura, namun kini Ekspor Kesemek terhenti karena kualitasnya kalah oleh kesemek produk negara-negara lain. Daerah-Daerah lain di Indonesia yang menghasilkan Buah kesemek di antaranya adalah Jawa Barat dan Jawa Timur, Yang mana buah ini ditanam pada daerah-daerah perbukitan dan pegunungan.

Buah Kesemek Sumatera Utara (Brastagi)

Buah kesemek masuk ke benua eropa pada awal 900an, Dan menyebar hingga italia hingga bagian selatan semenanjung, dari mana ia menyebar ke daerah eropa lainya, hari ini Buah kesemek Produksi Italia adalah dengan kualitas terbaik mereka dari daerah Sisilia yang juga diekspor ke mancanegara.

Kandungan Yang Bermanfaat Pada Buah Kesemek

Buah kesemek Mengandung 80% air, gula 12%, 3,6% protein lemak serat, dan abu dalam jumlah kecil, mineral ini hadir dalam warna kesemek: kalsium, fosfor, natrium, magnesium , zat besi, seng, selenium, tembaga dan mangan. Kalium hadir dalam jumlah besar.

Dalam hal vitamin kesemek mengandung vitamin A, beberapa Vitamin grup B, vitamin C dan E. Asam amino adalah terdiridari: asam aspartat, asam glutamat, arginin, alanin, sistin, glisin, fenilalanin, leusin, isoleusin, lisin, metionin, prolin, serin, tirosin, treonin, valin.

Khasiat Obat Pada Buah Kesemek

Dikarenakan tingginya kandungan gula dan kalium, Maka buah Kesemek dengan banyak energi dan khasiat Obat yang bermanfaat bagi mereka yang menderita stres fisik dan psikologis dan hilangnya nafsu makan, kesemek mengandung gula alami, yang sangat mudah untuk diserap oleh tubuh, menyediakan energi instan dan karena itu sangat berguna dalam kegiatan olahraga di mana Anda akan memiliki banyak energi. Kekayaan serat memberikan sifat kesemek sangat berguna dalam mengobati sembelit, karena Buah kesemek ini memiliki pencahar dan diuretik.

Manfaat kesemek juga dinyatakan dalam kaitannya dengan limpa, hati dan pankreas di mana mereka memiliki efek memurnikan, kesemek mengandung vitamin C dan provitamin A yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dalam hal perlindungan dan penguatan.
Bahkan kulit menerima manfaat dari konsumsi kesemek, karena kehadiran vitamin C dan lycopene membantu kulit tetap kenyal dan kencang.

Kehadiran vitamin dan beta-karoten (Antioksidan yang sangat dikenal) Buah kesemek memperlambat penuaan sel dan membuat Buah ini cocok untuk orang yang menderita jerawat Parah, radang prostat, anak-anak, orang tua dan wanita dengan masalah nyeri haid.

Varietas Buah kesemek

Buah kesemek memiliki kesamaan satu sama lain dari rasa daging buah yang lembut dan sangat manis kecuali untuk kesemek jenis vanili asal italia dengan tekstur daging renyah seperti Buah Apel.
Varietas kesemek paling dikenal di seluruh dunia adalah: Romagna Lotus, Fuyu,Kawabata, Vanilla Campania dan Suruga.

Kandungan Kalori Pada Buah Kesemek adalah, Per 100 gram. dari kesemek yang dimakan memiliki 70 kilokalori.