Pages

Subscribe:

Buah Semangka: Khasiat Dan Manfaatnya


Buah Semangka: Khasiat Dan Manfaatnya

Buah Semangka yang memiliki Nama ilmiah Citrullus vulgaris, Buah semangka masih anggota keluarga Cucurbitaceae, buahnya memiliki bentuk yang sangat beragam, ada yang bulat, oval bahkan ada semangka yang memiliki bentuk kubus ( Modifikasi petani semangka di negara jepang) dan dapat berbobot lebih dari 10 kilo gram.

Kabar pertama tentang budidaya tanggal semangka, sekitar 5.000 tahun yang lalu, tepatnya di Mesir, di mana, dalam hal ini, telah ditemukan beberapa hieroglif yang memberi kesaksian kepada kebenaran berita, asal-usul tanaman, menurut kesaksian seorang penjelajah bernama Livingstone.


Sekilas Tentang Buah Semangka

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitus tanaman ini merambat namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.

Daunnya berlekuk-lekuk di tepinya. Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm). Semangka adalah andromonoecious monoklin, yaitu memiliki dua jenis bunga pada satu tumbuhan: bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum). Bunga banci dapat dikenali dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Tergantung kultivarnya, daging buahnya yang berair berwarna merah atau kuning.
Tanaman ini cukup tahan akan kekeringan terutama apabila telah memasuki masa pembentukan buah.

Kandungan Pada Buah Semangka Yang Bermanfaat

Buah Semangka terdiri (94%) Kandungan Air, persentase yang sangat kecil dari protein dan serat makanan, karbohidrat, mineral (natrium, kalium, zat besi, fosfor dan kalsium, vitamin A dan C riboflavin, niasin (vitamin PP), (vitamin B2) dan tiamin (vitamin B1) Untuk menggarisbawahi adanya likopen pada buah semangka yang memberikan warna merah yang khas, dalam Buah tomat cara yang sama-sama sangat kaya akan likopen. Likopen adalah antioksidan dan dengan demikian, Buah semangka memiliki sifat yang berguna dalam pencegahan kanker, kanker prostat untuk pria dan kanker payudara bagi perempuan.

Khasiat Dan Manfaat Buah Semangka

Jumlah wajar mineral hadir dalam buah semangka, terutama berguna untuk memerangi rasa kelelahan dan Dahaga yang sering terjadi selama musim panas, berkat kandungan air yang tinggi, Buah semangka pasti buah menyegarkan dari diuretik dan depurative tubuh.

Meskipun dagingnya sangat manis, buah semangka memiliki asupan kalori yang sangat rendah dan karena itu disarankan dalam rangka diet melangsingkan. Karena efek mengenyangkan dan tidak menggemukkan. Sifat yang paling menarik dari buah semangka, adalah memiliki Zat karotenoid, lycopene, semua Zat yang bersifat antitumor. Terbukti, juga mampu memerangi radikal bebas yang ditakuti.

Berkat sifat-sifatnya, Buah Semangka Juga termasuk tidak adanya kandungan lemak. Buah nanas dan Buah semangka, sama-sama, merupakan salah satu makanan yang paling efektif untuk memerangi selulit. Namun Perlu diketahui bahwa dalam Buah semangka juga memiliki manfaat dan perlindungan terhadap hati dan saluran pernapasan.

Jumlah Kalori Pada Buah Semangka

Buah Semangka termasuk Sangat rendah asupan kalori: hanya 20 kalori per 100 gram buah segar. Tentunya sangat baik bagi anda untuk berdiet, disamping rasa manis juga membawa banyak manfaat kesehatan (wikipedia/dan berbagai Sumber)