Pages

Subscribe:

Tips Pertolongan Korban Digigit Ular

Bagaimana mengidentifikasi dan mengobati korban gigitan ular

Ada ratusan jenis ular di dunia tetapi hanya sebagian kecil di antaranya beracun. Namun, karena shock, kecemasan dan ketakutan bahwa banyak dari kita dapat mengalami dalam hal pertemuan mendadak dengan ular, sangat tidak mungkin untuk dapat dengan mudah mengidentifikasi apakah ular itu berbisa atau tidak.

Belajar untuk "mengenali jenis ular" untuk Anda dan keluarga Anda adalah bagian integral dari perlindungan terhadap ular. Agar terhindar dari Bahya dan dampak yang di timbulkan oleh gigitan ular terdiri dari tiga tahap pertahanan:

  1. Menghindari, Sadari bahaya yang ditimbulkan oleh ular dan gigitan ular
  2. Sedapat mungkin, melindungi rumah dan taman Anda dari ular
  3. Ketahui tentang gejala gigitan ular dan perawatannya

Jenis gigitan ular berbisa

Bahaya gigitan ular dan Bisa ular disuntikkan ke korban adalah bervariasi dari spesies ke spesies. Pertolongan pertama untuk diterapkan pada korban gigitan ular,itu tergantung pada spesies dan ini menggarisbawahi pentingnya untuk dapat mengelompokkan ular berbisa sesuai dengan karakteristik racun Ular. Perlakuan yang diperlukan untuk gigitan ular didefinisikan berdasarkan apakah itu adalah racun sitotoksik, racun neurotoksik dan yang terakhir ini adalah jenis racun atau bisa paling berbahaya adalah haemotoxic.

Sitotoksik: Cara kerja atau proses racun bagi sel-sel dan mampu menekan fungsi sel atau menyebabkan kematian sel.

Neurotoxin: Cara kerja atau proses yang merusak atau mematikan pada saraf atau jaringan saraf.

Haemotoxic: Cara kerja atau proses yang mampu membunuh sel-sel dengan mencegah pembekuan darah yang mengakibatkan pendarahan internal atau eksternal.

Dampak Racun dan bahaya yang timbul akibat gigitan Ular

Racun Sitotoksik dimiliki oleh ular beludak, luka gigitan Biasanya ada dua lubang di sisi gigitan. dan dampak yang di timbulkan Gigitan menyebabkan nyeri langsung dengan pembengkakan, memar dan trasa panas. Gejala dapat termasuk mual dan pusing, batasi pergerakan badan untuk menngurangi aliran darah.

Racun Neurotoksik dimiliki oleh ular Mamba dan Cobra, Biasanya ada dua lubang di sisi gigitan. Di antara gejala termasuk perasaan kehilangan, pusing, kesulitan artikulasi kata-kata, sulit menelan dan susah bernafas. Melumpuhkan anggota tubuh dengan membatasi aliran darah antara bit dan jantung.

Racun Haemotoxic dimiliki ular Boomslang ,Biasanya ada dua lubang di sisi gigitan Gigitan ini biasanya tidak terlalu menyakitkan, tetapi setengah jam setelah gigitan dapat bocor banyak darah dan setiap luka atau luka di tubuh korban. Gejala mungkin termasuk sakit kepala mual, dan muntah-muntah. Karena itu, penting untuk membatasi aliran darah dan limfatik tanpa menyebabkan memar, jika tidak mungkin mengalami perdarahan di bawah kulit.

Jika Bisa ular disemprotkan ke mata, segera gunakan air bersih atau susu segar jika ada untuk menetralkan efek racun.

Apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan pada korban gigitan ular

Gejala-gejala biasanya terjadi segera setelah gigitan ular, sehingga sangat penting untuk menjaga Korban di bawah pengawasan konstan. Jika dalam waktu 15-20 menit setelah gigitan tidak terjadi gejala seperti pusing,mual dan atau gejala-gejala lain ini bisa mengindikasikan bahwa ini bukan ular berbisa, atau bahwa ular tidak dapat menyuntikkan racun.

Yang Harus dilakukan Pada korban Gigitan Ular

Cobalah untuk mengidentifikasi jenis ular, warna, ukuran, bentuk kepala, metode serangan semua informasi sangat penting!. Longgarkan pakaian korban, jika perlu pindah ke tempat teduh untuk mendapatkan oksigen alami.

Cobalah untuk menjaga ketenangan korban, jangan biarkan korban terlalu banyak gerakan, karena jika korban terlalu banyak gerak akan meningkatkan aliran darah yang memungkinkan racun lebih cepat sampai ke jantung.

Ikat anggota badan yang terkena tapi TIDAK membatasi aliran darah **kecuali Anda yakin bahwa gigitan itu ditimbulkan oleh racun saraf ular yang berbisa. segera bawa korban ke rumah sakit terdekat untuk mendapat perawatan.

Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada korban Gigitan Ular

Membiarkan korban untuk bergerak dan gelisah, memijit-mijit bekas gigitan atau meraba-raba bahkan menghisap racun.
Memberi korban makan atau minum, minuman beralkohol khususnya
Meninggalkan korban begitu saja
mengompres es pada luka bekas gigitan