Pages

Subscribe:

Pola makan segar


Konsep pola makan segar sebenarnya sangat sederhana:

-      Kebutuhan kalori dipernuhi dengan buah,  80% makanan yang dikonsumsi dalam sehari terdiri atas buah manis matang tak berlemak
-      Kebutuhan karbohidrat, lemak, vitamin
dan mineral dari buah dan sayur segar berwarna hijau.20%makanan yang dikonsumsi dalam sehari terdiri atas sayur hijau segar berwarna hijau.

Tetapi, banyak orang berpikir bahwa pola makan segar adalah pola makan yang terlalu ekstrim atau terlalu keras (terlalu membatasi diri) sehingga sekalipun banyak orang yang mulai menyadari akan manfaatnya dan juga mulai berpikir betapa jelek apa yang mereka makan selama ini, jarang sekali yang
bergerak untuk melakukannya.  “Itu mustahil” katanya. “Lagian, semua orang juga akan mati, mati dan hidup adalah di tangan Tuhan, jadi ngapain dipikirin, nikmati hidup!” Trus, mereka juga menambahkan, “Kalau tidak berlebihan, juga tidak apa-apa, apapun asal berlebihan tentu tidak baik!”



Jadi, tidaklah mengherankan bila Anda sekarang mungkin masih merasa bahwa pola makan segar itu “terlalu keras dan terlalu ekstrim” serta belum ingin melakukannya, Anda adalah salah satu dari begitu banyak orang.

Tetapi, mengapa ada juga yang berhasil melakukannya? Apa beda mereka dengan orang kebanyakan?
Pertama Mereka menyukainya.  Mereka suka dan menikmati makanan segar. Kedua Mereka tidak merasa dibatasi, mereka merasa itulah “kebebasan”, mereka melakukannya tanpa paksaan dari siapapun termasuk dari diri sendiri. Ketiga Mereka sangat mengerti bagaimana memulainya dan juga memahami  konsepnya yang sesungguhnya sangat-sangat-sangat sederhana, yaitu : “makin sederhana, makin pendek prosesnya atau tidak  diproses, tentu makin baik”



Anda ingin seperti mereka tetapi tidak suka makan sayur, apalagi sayur segar berwarna hijau?
Hehehehehe...., juga sangat banyak yang tidak suka makan sayur hijau apalagi yang segar. Padahal sayur segar berwarna hijau yang dikenal dengan ‘leafy greens’ merupakan makanan penyempurna bagi kita. Banyak orang yang semula sakit parah menjadi cepat sembuh setelah banyak makan sayur segar
berwarna hijau.  Selain tubuh makin punya kesempatan menyembuhkan sendiri,  enzim matahari,  yang hanya terdapat pada dedaunan segar dan berwarna hijau yang terkumpul ketika proses fotosintesa, benar-benar akan membantu aktifitas pemulihan tubuh tersebut. Bagaikan pelumas dan penaik oktan pada roda gerigi di mesin, bersama dengan kalori dari buah, enzim matahari dari dedaunan hijau segar tersebut akan segera membuat tubuh bergairah dan mengalami kondisi terbaik sepanjang hidup kita.