Pages

Subscribe:

KHASIAT DAN MANFAAT WORTEL

Wortel -Tanaman ini masih dalam keluarga Umbelliferae, wortel ditanam terutama untuk manfaat dari akarnya, yang memiliki gizi tinggi dan penyembuhan. wortel sebelumnya dikenali sebagi tumbuhan liar, tanaman ini berasal dari benua eropa, wortel dapat tumbuh subur pada daerah berketinggian, untuk mengubah ukuran, bentuk dan warna akar, juga disebut akar tunggang, yang merupakan bagian untuk tujuan konsumsi .

Karakter lain yang di miliki wortel, tumbuhan ini selalu tersedia sepanjang tahun dan yang membuat tanaman ini adalah sayuran berharga. Pemanfaatan wortel sendiri secara meluas digunakan sebagai kebutuhan dapur dan untuk minuman sehat jus wortel.

Kandungan dan Manfaat yang terdapat pada wortel

Untuk mengidentifikasi kandungan wortel yang sangat kaya akan bermacam manfaat seperti berikut: wortel kelimpahan kandungan pro-vitamin A, beta karoten, vitamin B1, B2 dan Vitamin C; gula langsung berasimilasi, mineral dalam berbagai macam, dan asparagin daucina (diuretik), pecrina (astringent) .

Manfaat wortel untuk penyembuhan

Dari banyaknya zat dan elemen kita sudah bisa menebak Khasiat yang bermanfaat dari wortel. Wortel berguna dalam pencegahan kanker, berkat sifat antioksidan zat ini melakukan tindakan protektif terhadap pembuluh darah dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Sebuah penelitian Anglo-Denmark yang diterbitkan dalam Jurnal Kimia Pangan dan Agricultural merekomendasikan "Sebuah wortel sehari untuk menangkal kanker." Wortel, pada kenyataannya, ditemukan mengandung senyawa anti kanker yang memiliki tindakan, "falcarinol" ini kabar baik bahwa wortel sanagat baik untuk Kesehatan.

Wortel sangat umum diindikasikan untuk masalah mata seperti katarak dan penyakit mata lainnya, wortel juga mencegah penuaan dini, anti kerut juga memiliki penangkal UV, sehingga wortel sangat baik untuk kecantikan.

Wortel Sebagai hidangan

Cara yang ideal untuk konsumsi wortel yang baik adalah, bahwa sayuran ini sebaiknya dimakan mentah, atau risiko kehilangan efektivitas berbagai zat dan manfaatnya, termasuk vitamin. khususnya yang berkaitan dengan vitamin C, Jika wortel di masak terlalu lama, maka dengan mudah vitamin C akan menguap atau berkurang bahkan hilang.

Bahkan, beta-karoten akan berkurang, ketika dimasak terlalu lama. memang masakan yang matang sangat nikmat dari hal penyerapan, tekstur makana lebih lembut dan lebih mudah di proses oleh sistem pencernaan kita. Tapi kita perlu pertimbangakan juga Khasiat dan manfaat wortel yang hilang ketika di masak terlalu lama. Jadi kita bisa berpendapat bahwa, wortel hanya cukup dimasak singkat saja, tanpa berlebihan, dan kita akan mendapatkan asimilasi lebih mudah beta-karoten dan beberapa manfaat vitamin.

Idealnya kebutuhan asupan bergizi bagi tubuh kita bisa diwakili jus wortel segar, bahkan dicampur dengan susu untuk meningkatkan sifat pembersihan nya. Juga wortel mentah baik sebagai camilan atau ditambahkan ke sajian mentah, wortel direbus hanya sebentar dalam air sangat sedikit dan dibumbui dengan minyak zaitun extra virgin dan sayuran lain kesukaan anda.

Yang Mengasimilasi Betakaroten Wortel

Cara yang terbaik baik untuk meningkatkan beta-karoten sebagai pengobatan dan manfaatnya, adalah untuk mencampurkan wortel dengan beberapa lemak, seperti lemak dari minyak zaitun atau minyak sayur, ini dapat meningkatkan ketersediaan beta karoten, Juga dapat meningkatkan hingga tiga kali kapasitas tubuh kita untuk berasimilasi.

**Peringatan Yang harus dihindari setelah pencampuran, jangan terlalu lama menyimpan wortel pada suhu kamar, ini dapat membentuk zat berbahaya bagi tubuh kita. sebaiknya campuran hanya secukupnya dan segera di makan.