Pages

Subscribe:

Jaga Kesehatan Otak Dengan 4 Cara Tak Terduga



Selalu ada cara tak terduga yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan otak. Empat diantaranya seperti berikut ini!
  • Mengonversi pesan teks ke dalam bentuk gambar.
Saat anda sulit menghafal jumlah angka atau sebuah tulisan, gambar-gambar yang menyerupai pesan teks bisa membantu anda mengingat.
Misalnya saat anda sulit menghafal lokasi parkir. Amati tulisan atau angka yang tertera di areal tersebut (misal area nomor 13 yang mirip dengan gambar kupu-kupu satu sisi). Teks yang dikonversi ke bentuk visual lebih cepat disimpan dan dipanggil kembali saat anda memerlukannya.

Konsep bercerita lebih efektif, Otak lebih mudah mengingat cerita dibanding informasi terpisah. Ini satu alasan mengapa saat dewasa kita masih ingat dongeng masa kecil.


  • Lakukan review
Ada satu alasan khusus mengapa anda perlu berlatih sebelum presentasi. Latihan dan me-review membuat apa yang akan anda sampaikan tersimpan dan terlindungi secara jangka panjang di korteks.
  • Lakukan aktvitas yang lucu saat mengingat
Kadang, anda perlu berekspresi lucu untuk memudahkan mengingat sesuatu.

Misalnya saat akan menyimpan kunci rumah, agar tidak lupa meletakkannya, ucapkan kata-kata lucu dan gerakan yang akan mengingatkan anda dimana letaknya. Cara ini disebut sebagai distinguishing feauture with the sound of name and action. (rul/ben)