Pages

Subscribe:

Menjaga Kesehatan Mata Saat Terlalu Sering Melihat Layar Komputer



Mata sebagai cermin jiwa bisa tak hanya mengungkapkan apa yang ada di dalam benak Anda, tetapi juga mampu mengungkapkan kesehatan Anda.
Terutama Anda yang kerap bekerja di depan komputer, tentunya kondisi kesehatan mata akan menurun jika tak diperhatikan. Entah itu karena berada terlalu dekat dengan layar, terkena silau, dan lain sebagainya dapat menyebabkan problem pada mata apabila dibiarkan.
Inilah beberapa perawatan mata, seperti dilansir boldsky.com untuk membantu Anda menghindari problem serta ketegangan mata.

Istirahat sejenak
Menatap layar tanpa berkedip akan menyebabkan mata menjadi kering. Salah satu tips perawatan mata adalah menghindari ketegangan mata dengan beristirahat setiap beberapa menit sekali.

Palming
Gosoklah telapak tangan Anda satu sama lain sampai terasa hangat, kemudian kompreskan telapak tangan pada mata selama 60 detik. Cara ini akan membantu mata lelah Anda lebih rileks. Ulangi dua sampai tiga kali sampai Anda merasa tenang.

Atur brightnessnya
Sesuaikan screen brightness agar nyaman untuk mata Anda sehingga Anda tidak harus memaksa mata bekerja terlalu keras.

Ikuti aturan 20-20-20
Aturan ini adalah setiap 20 menit Anda menatap komputer, berjalanlah 20 langkah selama 20 menit sehingga mata Anda tetap seimbang dan tidak kelelahan.

Lihat tanaman hijau
Setiap kali Anda melihat komputer, ketika Anda merasa lelah alihkan pandangan mata pada tanaman berwarna hijau agar mata kembali rileks.

Berkedip
Berkediplah untuk menghindari mata kering. Kedipan mata akan menghasilkan air mata yang dapat melembabkan kembali mata.

Pakai kacamata baca
Pertimbangkan pemakaian kacamata baca yang akan membantu meminimalisir problem yang disebabkan karena terlalu lama dan lelah melihat pancaran monitor komputer.
Bekerja di belakang komputer selalu melelahkan, bawa obat tetes mata atau obat pembilas mata dan gunakan di saat dibutuhkan untuk membantu meringankan problem mata Anda.