Pages

Subscribe:

Manfaat Sehat di Balik Sebuah Sentuhan

detail berita
Ilustrasi keintiman pasangan (Foto; Google)

SENTUHAN tak hanya pertanda kasih sayang ibu kepada anak atau seeorang kepada pasangannnya. Di luar itu, sentuhan juga menyimpan manfaat sehat lainnya.

Sebuah studi baru dalam The Journal Frontiers of Psychology menunjukkan bahwa sentuhan bisa meningkatkan kesadaran diri.

Peneliti dari University College London dan University of Hertfordshire menguji bagaimana sentuhan dihubungkan dengan persepsi tubuh sendiri. Dengan melibatkan 53 peserta studi mereka mengikuti percobaan ilusi dengan tangan karet.

Dalam percobaan ini, tangan karet membelai setiap peserta dengan pola dan kecepatan yang berbeda, termasuk dalam pola asynchronized dan disinkronkan pada kecepatan yang lebih cepat serta lambat.

Para peserta studi melaporkan bahwa sentuhan ringan menjadi lebih menyenangkan, dan ketika mereka menyentuh lebih lambat dengan tangan karet, mereka cenderung percaya bahwa tangan itu sebenarnya milik mereka.

Para peneliti mengatakan bahwa temuan ini menunjukkan bahwa sentuhan afektif dimana termasuk sentuhan lambat yang memainkan peran penting dalam membantu otak memahami tubuh dan kesadaran diri.

"Sebagai sentuhan afektif biasanya diterima dari orang yang dicintai, temuan ini lebih menonjolkan bagaimana hubungan dekat melibatkan perilaku yang mungkin memainkan peran penting dalam pembangunan suatu kesadaran diri,"kata peneliti.

Sentuhan fisik positif juga bisa meningkatkan kesehatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa berpelukan bisa menurunkan tekanan darah dan melepaskan oksitosin. Tak hanya itu, memeluk seseorang yang Anda cintai juga dapat mengurangi kecemasan, seperti dilansir Huffington Post. (ind)