Pages

Subscribe:

Satu Bungkus Keripik Sehari = Lima Liter Minyak Setahun


Apa bahayanya makan sebungkus snek keripik kentang setiap hari? Michael Moss, penulis buku berjudul Salt, Sugar, Fat: How The Food Giants Hooked Us , siap memaparkan hasil investigasinya.
Moss menyebut adiksi pada cemilan ini tak hanya berakibat buruk pada tingkat obesitas dan penyakit jantung, namun juga dapat memberi pengaruh buruk pada perkembangan bayi yang masih berada di dalam rahim. Ia menyebut, janin yang mendapat asupan terlalu banyak cemilan gurih ini saat berada dalam kandungan akan lahir menjadi anak yang hiperaktif dan berpotensi lebih besar untuk menderita kanker.
Latar belakang Moss menulis buku ini adalah adanya tren yang sangat berbahaya terkait dengan kebiasaan masyarakat Inggris, negara kelahiran Moss, yang semakin suka mengemil. Inggris dilaporkan menghabiskan 6 milyar bungkus keripik selama setahun, ini setara dengan 1 ton bungkus keripik dikonsumsi setiap tiga menit, atau hampir 100 bungkus per orang per tahun.
Padahal, mengemil sebungkus keripik setiap hari (seperti yang dilakukan kebanyakan anak-anak di Inggris saat ini), artinya sama dengan meminum hampir lima liter minyak goreng dalam setahun. Ini belum termasuk lemak, gula, dan garam yang terkandung dalam setiap bungkusnya.
 Banyak orang tak percaya sebungkus makanan yang dibalut dengan wadah dan warna menarik ini bisa sedemikian jahat. Moss menyebut dalam bukunya, “Logo dan warna cerah itu sengaja didesain oleh perusahaan sebagai topeng untuk makanan yang mampu menggoda indera pengecap kita sampai tahap kecanduan.”
Moss juga mengaku telah melakukan investigasi yang menguak cara-cara perusahaan snek mengolah produknya dengan bahan baku yang sangat presisi, sehingga memengaruhi bagian dalam otak manusia yang berfungsi sebagai pusat keinginan (crave center) .
 Ketika Anda menggigit sekeping keripik, jabarnya, rasa asin langsung menyergap. Efek ini disebut sebagai efek ledakan rasa oleh industri snek. Keripik modern juga dipenuhi lemak yang terasa sangat enak di dalam mulut. Kita dapat merasakan lemak ini melalui rangkaian saraf yang disebut trigeminal, yang terletak di langit-langit dan bagian belakang mulut. Semakin enak makanan di mulut, semakin kita ingin memakannya lagi.
 Selain garam dan lemak, “Kandungan gula dalam sebungkus keripik menjadikan trio ini senjata ampuh. Tiga rasa itu secara insting merupakan rasa yang diinginkan otak manusia.”
Namun senjata rahasia terampuh yang dimiliki sekantong keripik yang kini banyak beredar di pasaran adalah sensasi krispi buatannya. “Penelitian menunjukkan, semakin keras suara kriuk yang ditimbulkan keripik saat Anda menggigitnya, semakin Anda menyukainya.”


Ajeng