Pages

Subscribe:

Gemetar, Kaku dan Tak Stabil Saat Berjalan? Awas Kena Parkinson

Masih ingatkah Anda pada sebuah film berjudul Love and Other Drugs yang dibintangi Anne Hathaway? Film ini mengulas singkat mengenai ciri klasik penyakit parkinson.



Gerakan tremor monoton menjadi salah satu yang utama. Tapi, sebenarnya masih banyak ciri klasik lainnya.

Dalam diskusi bertema Seni Parkinson: Saya dan Keluarga beberapa ciri klasik parkinson dibahas tuntas oleh dr Diatri Nari Lastri, Sp.S(K) selaku narasumber dan sekretaris jenderal pengurus pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI).

Hal ini ia bahas dalam seminar untuk memeringati Hari Parkinson Sedunia tepat hari ini. Seminar ini mengambil tempat di Energy Cafe, Energy Building Jl Jend Sudirman Kav. 52-53 Jakarta, Kamis (11/4/2013).

Dr Diatri mengatakan gejala-gejala berikut ini merupakan gejala parkinson. Biasanya dikenal dengan sebutan TRAP.

T = Tremor. Ini adalah gejala monoton yang banyak terlihat pada pengidap parkinson. Biasanya menyerang pada tangan pasien.

R = Rigidity atau kekakuan. Akibat saraf yang tidak dapat bekerja dengan baik maka akan sangat dirasakan kekakuan pada bagian tubuh tertentu, bagian tubuh yang paling banyak diserang adalah wajah, tangan, dan kaki.

A = Akinesia. Tanda ini merupakan kakunya wajah sehingga tidak dapat berkedip atau memberikan ekspresi.

P = Postural instability. Tanda ini ditunjukkan dengan adanya ketidakseimbangan atau kestabilan waktu berjalan. Inilah yang dapat menyebabkan bahaya pada pengidap parkinson.

Namun, beberapa penyakit lain seperti stroke atau infeksi otak dapat memiliki tanda yang sama. Hanya saja, jika terjadi 2 atau 3 tanda diatas secara bersamaan bisa dipastikan itu adalah gejala parkinson.

Selain ciri klasik di atas, masih ada beberapa gejala lainnya. Beberapa di antaranya, ketika berjalan salah satu tangan tidak 'melenggang' juga mengecilnya suara perlahan ketika berbicara.

Kekakuan saat menulis sehingga tulisan semakin lama semakin kecil bahkan mengeluarkan liur terus menerus atau 'drooling' juga merupakan ciri lain dari gejala parkinson.


(up/up) Erninta Afryani Sinulingga