Pages

Subscribe:

Kebiasaan Saat Libur yang Bikin Tubuh Jadi Tak Sehat


Akhir pekan atau hari libur seharusnya menjadi waktu yang sehat karena kepenatan dan stres selama hari kerja bisa diredakan dengan cara bersantai atau berkumpul dengan keluarga. Sayangnya, tidak sedikit kebiasaan akhir pekan yang justru bikin tubuh menjadi tidak sehat.

Hari libur secara teoritis ditujukan untuk beristirahat. Ada juga yang melakukan kegiatan favorit guna mengisi 'bahan bakar' untuk kembali bekerja atau sekolah. Tapi karena terlalu santai dan bermalas-malasan, tanpa sadar kebiasaan Anda di hari libur dapat menyabotase pola tidur, pola makan, upaya penurunan berat badan dan tingkat stres.

Berikut beberapa kebiasaan saat libur yang dapat membuat tubuh tak sehat, seperti dilansir Huffingtonpost, Minggu (30/6/2013):

1. Begadang

Begadang sampai larut malam dan kemudian tidur hingga siang hari saat libur bisa membuat Anda merasa lebih lelah dan lebih sulit untuk kembali ke jadwal tidur normal saat harus kembali bekerja atau bersekolah. Fenomena yang disebut dengan 'social jet lag sosial' ini dapat memberikan efek negatif pada pola tidur Anda. Akibatnya, Anda akan merasa kurang fresh saat harus kembali ke rutinitas.

2. Terlalu banyak makan

Tidak sedikit orang makan di luar rumah saat berlibur atau akhir pekan. Ada pula yang melupakan jadwal diet dan makan sembarangan makanan. Akibatnya terjadi sabotase upaya penurunan berat badan dan mengakibatkan asupan kalori berlebih.

3. Tak bisa lepas dari gadget

Terus-menerus bergantung pada gadget seperti ponsel, smartphone atau tablet dapat memberikan dampak negatif terhadap kesehatan, mulai dari penurunan fokus, produktivitas, masalah tidur, hingga tingkat stres yang lebih tinggi.

Saat libur dan akhir pekan, cobalah beberapa saat lepas dari ketergantungan gadget. Nikmati kegiatan outdoor atau waktu bersantai bersama keluarga dan orang yang Anda cintai.

4. Masih bekerja di hari libur

Akhir pekan atau hari libur adalah waktunya untuk mengisi ulang tenaga, energi dan semangat. Usahakan tidak membawa pekerjaan di saat libur, kecuali memang kritis. Masih mengerjakan pekerjaan kantor di saat libur bisa membuat Anda merasa lebih lelah saat harus kembali ke rutinitas.

5. Stres di hari Minggu

Tidak sedikit karyawan yang merasa takut atau cemas sehari sebelum kembali bekerja, yang biasanya disebut 'sunday blues'. Kondisi ini bisa membuat tingkat stres Anda tinggi di hari Senin, padahal hari libur seharusnya digunakan untuk beristirahat dan rileksasi.




Sumber : Merry Wahyuningsih - detikHealth