Pages

Subscribe:

Kok Lebar Sebelah?

Saya wanita berusia 26 tahun. Sebelumnya saya tidak pernah memperhatikan ukuran labia. Suatu hari labia terasa gatal dan setelah saya sadari ukuran labia bagian paling luar sebelah kanan ternyata lebih besar dibandingkan dengan yang kiri, kira-kira 1 cm. Kejadian gatal itu hanya teralami 1 kali saja dan saya obati, mencucinya dengan sabun sulfur dan air daun sirih. Pertanyaan saya:

(1) Apa yang menyebabkan labia membesar-lebar (sebelah) sehingga agak bergelambir dan menonjol keluar dibandingkan dengan klitorisnya?

(2) Mengindikasikan ada penyakitkah?

(3) Dapatkah ukurannya kembali normal (sama), bagaimana?

(4) Warnanya gelap dapatkah dicerahkan, bagaimana?


Jawab:

Mbak Vier, itulah jika Anda "tidak perhatian" dengan alat reproduksi sendiri. Ketika suatu kali memperhatikan, Anda jadi panik. Merasa ada yang tidak wajar, cemas, dan takut itu menjadi indikasi suatu penyakit. Padahal, memang tidak ada ukuran labia yang sama persis antara sisi kanan dan kiri.

(1) Labia pasti selalu lebih menonjol dan lebar daripada klitoris. Apa coba jadinya jika klitoris yang lebih besar dan lebar dari labia, malah jadi aneh kan? Tidak ada sebab yang pasti mengapa labia menjadi lebar sebelah. Faktor genetik bisa jadi salah satu sebab. Sebab lainnya karena faktor "alam", misalnya perlakuan yang berbeda antara labia kiri dan kanan. Tapi, apa pun, perbedaan itu hal yang biasa. Bahkan, "menguntungkan" karena labia kiri dan kanan Anda jadi punya keunikan masing-masing. Jadi jangan cemas ya?

(2)dan (3) Karena bukan berupa penyakit, tentu tidak penting "menormalkan" kembali ukuran labia Anda. Jadi jangan terlalu panik. Kelak pasangan Anda pasti menyukuri perbedaan itu. Apalagi, perbedaan itu terlalu kecil, sehingga kami percaya tidak mengganggu estetika keseimbangan organ intim Anda.

(4) Soal warna, gelap-terang labia mengikuti warna dasar kulit Anda. Karena organ intim tidak sering terpapar matahari, jelas warnanya alamiah, gelap bukan karena faktor lain. Jadi, kalau pun ingin "dicerahkan", saran kami tanyalah lebih jauh ke dokter spesialis. jangan menggunakan produk kosmetik lain untuk uji coba. Karena menyangkut organ intim, sangat berbahaya jika sekadar coba-coba.